Datang di Lapangan Terbang Hang Nadim Batam, Pesawat serta Beberapa WNI dari Wuhan Disemprot Vaksin

Beberapa Masyarakat Negara Indonesia (WNI) datang di Lapangan terbang Hang Nadim Batam, Minggu (2/2/2020) pagi, selesai dievakuasi Prajurit TNI memakai Maskapai Batik Air. WNI ini akan dikarantina sepanjang 14 hari di Lanud Raden Sadjad Natuna. Pengamatan Tribunnews, diambil dari TribunBatam.id, Minggu pagi seputar jam 08.40 WIB, sebelum penumpang pesawat Airbus 330-300CEO dievakuasi.

Pesawat Airbus terlebih dulu disemprot vaksin disinfektan anti virus. Proses itu berjalan kira-kira seputar 10 menit. Kemudian, diteruskan proses eksodus penurunan penumpang. Serta, beberapa ratus WNI waktu keluar pintu pesawat disemprot vaksin. Tidak itu saja, dalam proses eksodus ini, beberapa WNI berseragam alat pengaman diri (APD) seperti baju astronot. Proses eksodus direncanakan berjalan sepanjang kira-kira 60 menit. Setelah itu, beberapa WNI diterbangkan ke arah Natuna dengan memakai tiga unit pesawat eksodus punya TNI AU sejenis Hercules C130 serta Boeing 737-400.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor Wardoyo menjelaskan, faksinya mmepersiapkan tiga pesawat itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Tiap unit pesawat telah disiapkan tenaga medis untuk bersiaga setiap saat. Dikabarkan awalnya, beberapa ratus Masyarakat Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, datang di Lapangan terbang Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) pagi.

Baca juga : UP-DATE CHAPTER 6 BATTLEFIELD V AJAKMU TELUSURI RIMBA BELANTARA DI MAP BARU

Video beberapa detik tibanya beberapa WNI dari Wuhan diupload lewat account Facebook, Tribun Batam. Terlihat pesawat maskapai Batik Air datang mulus di Lapangan terbang Hang Nadim. Kelihatan mass media telah menanti kehadiran beberapa WNI. Semua penumpang pesawat itu turun kenakan masker. Semua berjalan cepat sekalian bawa koper dan barang bawaan semasing. Beberapa WNI yang datang di Batam itu harus jalani kontrol kesehatan terlebih dulu untuk menghindarkan penebaran virus corona.

Jumlahnya korban wafat karena merebaknya virus corona terus makin bertambah. Diambil dari thewuhanvirus.com, virus yang ada pertama-tama di Kota Wuhan, China ini sudah tewaskan 304 orang. Jumlahnya itu alami penambahan dari mulanya 259 orang pada Sabtu (1/2/2020). Virus yang seperti Sindrom Pernafasan Kronis Kronis atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) ini sudah menginfeksi seputar 14.548 orang dari yang awalnya 11.921 orang. Tetapi, ada 332 orang yang dipastikan pulih dari virus ini. Sebagian besar kematian berlangsung di Hubei, tempat dimana virus itu ada pertama-tama di pasar hewan di Wuhan.

Virus corona ini mempunyai waktu inkubasi 14 hari. Pertanda terjangkit virus corona dapat menebar sebelum tanda-tanda ada Semenjak pertama-tama dipublikasikan pada 31 Desember 2019, virus ini sudah menebar sampai ke-27 negara. Ke-27 negara itu, yaitu China, Jepang, Thailand, Singapura, Hong Kong, Australia, Korea Selatan, Taiwan. Jerman, Amerika Serikat, Malaysia, Makau, Perancis, Vietnam, Kanada, Uni Emirat Arab, Italia, dan Rusia. Inggris, Nepal, Kamboja, Spanyol, Piliphina, Finlandia, Swedia, India, serta Sri Lanka.