Johnny Plate Diberi Tugas Menyelesaikan Backhaul dan Palapa Ring

Johnny Plate Diberi Tugas Menyelesaikan Backhaul dan Palapa Ring

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk politisi Partai NasDem, Johnny G. Plate, jadi Menteri Komunikasi serta Informatika periode 2019-2024. Johnny akan gantikan Rudiantara di kabinet Jokowi jilid II.

“Masalah cyber crime, kedaulatan data, serta lain-lainnya bisa menjadi daerah beliau,” tutur Jokowi di Istana Negara, Rabu, 23 Oktober 2019.

Pengamat telekomunikasi, Heru Sutadi, menjelaskan, dalam 100 hari ke depan, Jhonny telah mempunyai pekerjaan yang menumpuk. “Pak Johnny langsung bisa gaspol,” tuturnya waktu dihubungi Tempo pada Rabu pagi.

Menurut Heru, jadi pekerjaan pertama, Johnny harus menggencarkan bahasan Perancangan Undang-undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi dalam 100 hari akan datang. Sebelum diulas pada tingkat Dewan Perwakilan Rakyat, Kominfo harus menggodok masak beberapa poin dalam beleid itu.

Empat Pendaki Terperdaya di Gunung Ranti yang Terbakar Sukses Diselamatkan

Selanjutnya, Johhny mempunyai pekerjaan mengakhiri ide pembangunan backhaul serta akses simpatisan pengoperasian Palapa Ring. Palapa Ring adalah infrastruktur tol langit. Keberadaannya jadi tulang punggung serat optik nasional serta akan mencapai sekitar 34 propinsi.

Tidak hanya memperdalam project Palapa Ring, Heru menjelaskan Kominfo mempunyai pekerjaan lebih luas untuk menilai program-program usang. “Kominfo mempunyai pekerjaan keluarkan kebijaksanaan interkonekai berbasiskan IP, lalu reevaluasi program 1000 Startup serta dorongan baru untuk menginkubasi startup yang telah dikurasi,” tutur Heru.

Ihwal pemilihan Johnny Plate jadi Menkominfo, Heru tidak ingin memberi komentar banyak. Dia menjelaskan pemilihan itu sudah jadi hak prerogatif Presiden Jokowi. Tetapi, Heru menyebutkan Menteri Kominfo seharusnya pahami tehnis serta usaha meningkatkan telekomunikasi, penyiaran, dan ekonomi digital.