Pemblokiran Internet Di Papua Akan Segera Dibuka Secara Bertahap

Pemblokiran Internet Di Papua Akan Segera Dibuka Secara Bertahap

Masyarakat di Papua serta Papua Barat nampaknya akan kembali dapat nikmati internet. Pemerintah, lewat Kementerian Komunikasi serta Informatika Datasgp (Kominfo), serta operator seluler tengah berencana pembukaan penutupan koneksi internet disana. Plt Kepala Birp Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan, masalah itu jadi jadwal bahasan Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam rapat Senin (2/9/2019) pagi WIB.

“Barusan pagi pak Menteri pimpin rapat dengan beberapa operator seluler, Telkomsel, Telkom, XL, serta Indosat untuk dikerjakan pembukaan penutupan. Disana ada juga perwakilan dari aparat keamanan,” katanya waktu dihubungi. Hasilnya, seperti dikatakan Ferdinandus, pembukaan penutupan koneksi internet di Bumi Cenderawasih itu akan dikerjakan dengan setahap. Ketetapan akses ke dunia maya yang tidak dikerjakan dengan serempak ini akan lihat unsur keadaan di lapangan.

Baca juga : Pemblokiran Internet di Papua, Ngabalin: Perintah Undang-undang

“Jadi, bergantung kondusifitas serta kestabilan di daerah kota atau kabupaten itu. Serta, penilaian ini dengan pengaturan Menkominfo dengan penegak hukum serta faksi keamanan,” katanya. Saat diberi pertanyaan selanjutnya kapan proses pembukaan gerbang internet ini untuk masyarakat sekitar. serta Papua Barat mulai dikerjakan, Ferdinandus akui belum dapat ungkap detailnya.

Sebatas info, pemerintah pertama-tama lakukan penetapan service internet di daerah Papua serta Papua Barat ini semenjak Senin (19/8). Tetapi pada Rabu (21/8) pemerintah meningkatkannya jadi penutupan akses di daerah itu. Masyarakat disana cuma dapat nikmati service telekomunikasi telephone serta SMS saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *